Berita PA Enrekang

Thursday, 11 December 2014 04:10

Sosialisasi Hasil RAKOR PTA oleh KPA

Sosialisasi Hasil Rapat Koordinasi yang Dilaksanakan Di PTA Makassar Tanggal 4 Desember 2014 Oleh Ketua dan Pansek PA. Enrekang dan Rapat Koordinasi Enrekang, Rabu 10 Desember 2014

Tepat pukul 11.00 setelah selesainya sidang,diadakan sosialisasi hasil Rakor yang baru diikuti oleh seluruh Ketua dan Pansek sewilayah PTA.Makassar pada hari kamis tanggal 4 Desember 2014. Acara ini dilaksakana bertempat di ruang sidang utama yang diikuti oleh seluruh pegawai PA.Enrekang.

Setelah  Pansek membuka acara rapat koordinasi yang dirangkaikan dengan penyampaian hasil rapat koordinasi,maka mempersilahkan kepada Bapak Ketua PA. Enrekang untuk menyampaikan hasil rakor tersebut.

Selanjutnya bapak Ketua menjelaskan hasil rakor tgl 4 Desember 2014 yang mana terdapat 3(tiga) pembicara utama pada acara rakor tersebut yaitu dimulai oleh Ketua, Wakil Ketua dan Pansek PTA.Makassar.  Berikut penjelasan hasil rakor bapak ketua PA.Enrekang, Adapun pokok-pokok penting yang disampaikan oleh ketua PTA Makassar yaitu

Peningkatan Kinerja, agar seluruh pegawai untuk senantiasa meningkatkan kinerja sebagai wujud rasa syukur kita terhadap tunjangan yang kita sudah nikmati. Dengan kesadaran kita sendiri tanpa ada paksaan dan ancaman, maka penghasilan kita dapat berberkah.

  1. Uang Pihak Ketiga atau sisa panjar biaya perkara, agar pengembaliannya sudah betul dikembalikan kepada pihak berperkara dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  2. Perkara yang lewat 5 (lima) bulan agar segera dilaporkan.
  3. Laporan LHKPN (laporan harta kekayaan pejabat Negara) agar membuat laporan terbaru.
  4. Pemeriksaan BPK, agar mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan keuangan DIPA dan keuangan perkara, karena rencana BPK akan turun Bulan Januari 2015.
  5. SKP (Sasaran Kinerja Pegawai) agar diperhatikan dan dibuat sesuai dengan format terbaru.
  6. Penghematan Anggaran
  7. SDM(sumber daya manusia) seluruh aparat peradilan diharuskan menguasai IT(informasi

Itulah hal-hal penting yang disampaikan oleh KPTA Makassar,selanjutnya hal-hal penting yang disampaikan oleh Wakil KetuaPTA yaitu :

Visi peradilan agama yaitu mewujudkan badan peradilan agama yang agung. Untuk mewujudkan visi tersebut maka ada 4 indikator yang harus kita laksanakan yaitu

  1. SDM yang berkompeten dan Profesional
  2. Administrasi Peradilan/Perkara/Persidangan harus berbasis IT
  3. Manajemen administrasi peradilan/perkara/persidangan harus cepat dan tepat waktu
  4. Manajemen Peradilan dan Pelayanan Publik yang Prima.

Untuk itu langkah-langkah yang ditempuh untuk mencapai indicator tersebut ialah dengan cara melakukan/mengikuti diskusi-diskusi, seminar,Bimtek. Percepatan pelayanan prima melihat penyelesaian perkara akhir bulan.

  1. Mengharapkan kepada KPA untuk memerintahkan kepada Ketua Majelis melakukan autentikasi BAS (hasil sidak Waka PTA di daerah masih banyak temuan BAS belum ditandatangani oleh Panitera Pengganti dan Ketua Majelis)
  2. Minutasi yang direkayasa juga temuan Waka PTA.Makassar, seharusnya menyelesaikan berkas perkara paling lama 2(dua) minggu, jangan lewat 2 minggu.
  3. PMH
  4. Relaas yang tidak sah
  5. Mediator, ditemukan mediasi hanya asal-asalan sebaiknya mediasi dilaksanakan dengan sungguh-sungguh tidak hanya formalitas belaka.
  6. Surat Kuasa diperhatikan.
  7. Perkara Waris, gugatan harus jelas (siapa yang meninggal lebih dahulu), menikahnya (terjadi pernikahan) dan siapa yang menguasai obyek sengketa.
  8. Laporan Bulanan harus tepat.
  9. Pembagian tugas pimpinan, ketua, wakil ketua dan panitera/sekretaris harus jelas dan tetap menjaga keharmonisan,kalau ada masalah diselesaikan internal.
  10. Kebersihan Kantor harus tetap dijaga dan diPA. Enrekang sudah tertata dengan adanya pot bunga di dalam dan luar kantor.

Selanjutnya terakhir ketua PA. Enrekang menjelaskan arahan Pansek PTA.Makassar yang sedikit saja menguraikan hal:\

  1. Penyerapan Anggaran
  2. Perkara yang dimohonkan upaya hokum
  3. Tabayyun Online dan
  4. Laporan Tahunan

Selanjutnya pansek PA. Enrekang melanjutkan hasil rakor Cuma melengkapi apa yang disampaikan oleh ketua PA. Enrekang. Dan tepat pukul 13.00 acara sosialisasi hasil rapat kordinasi ditutup oleh Pansek PA.Enrekang.

Read 542 times

Kontak

PENGADILAN AGAMA ENREKANG

Jl. Sultan Hasanuddin No. 190/450,
Kab. Enrekang, Sulawesi Selatan

  : 0420 - 21058

  : 0420 - 21058

  : enrekang@pta-makassarkota.go.id

Waktu Pelayanan

Senin - Jum’at (5 hari kerja)

Jam Kerja :
Senin – Kamis : 08.00 - 16.30 WITA
Jum’at : 08.00 - 17.00 WITA

Jam Istirahat :
Senin – Kamis : 12.00 - 13.00 WITA
Jum’at : 11.00 - 13.30 WITA

Pengunjung

Hari Ini64
Kemarin85
Pekan Ini256
Bulan Ini930
Total54320